Kalibareng - RUTINITAS PARA PETANI Kegiatan - Kalibareng Kalibareng

RUTINITAS PARA PETANI

KERJA BAKTI, NURMALISASI SALURAN TO'AJI DUSUN KALIBARENG DESA KALIBARENG KEC PATEAN KENDAL JATENG

      Merupakan kegiatan tahunan di kelompok Tani MARSUDI TANI DUSUN KALIBARENG DESA KALIBARENG.istilah bahasa kampung adalah SUSUK WANGAN, GOTONG ROYONG, GUGUR GUNUNG, yang sampai sekarang masih di lestarikan di kanpung Desa Kalibareng , satu di antara kegiatän yang masih di lestarikan, adat budaya ini masih turun temuru  sampai sekarang . 

     Saluran To'aji merupakan akses pengairan untuk memenuhi pengairan  di persawahan yang mampu mengairi ladang pertanian 50.HA. yang bersumber dari sungai GEDE dan di tupang  mata Air yang bernama TO'AJI , untuk memudahkan dan melancarkan aliran irigasi , maka para petani di wilayah yang menggunakan Air dari Irigasi To'aji  berkerja bakti, ada 2 kegiatan susuk wangan / kerja Bakti, yaitu mada bulan SURO / mukharom  dan satu kegiatan di awal musim Tanam. Saluran To'aji mempunyai panjang mencapai 700.m  dengan kondisi bangunan permanen sepanjang 250 m. Kondisi  baik 3.00 m. Kondisi bangunan Rusak Berat dan 150 m .masih belum tersentuh  bangunan.tapi masyarakat rupannya tidak putus asa  karena kenyataannya masih  bersemangat memelihara dan merawatnya. Alkhasil di musim kemarau pun saluran To'aji masih mampu memenuhi kebutuhan para petani. Walaupun dengan sistem  bergilir. Dudalan upaya menerapkan keadilan .

 Du akhir kegiatan masyarakan Tasyakuran yang mengandung arti secara dhohiriyah kita kerja bakti drngan cara membersihkan rumput liar di Saluran dan sekitarnnya juga melancarkan aliran air di iriń£asi.

Secara batiniyah  para petani bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa / ALLAH SWT. yang telah dan selalu mencukupkan Air untuk kebutuhan petani, sehingga para petani mampu bercocok tanàm sampai tiga musim.

*


Dipost : 19 September 2020 | Dilihat : 510

Share :