PPID Kalibareng

Monev Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2023

INFORMASI WAJIB BERKALA

1. Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2023 (download)

2. Matriks Program atau kegiatan yang sedang dijalankan yang meliputi; nama program/kegiatan, jadwal waktu pelaksanaan, penanggungjawab sumber dan besaran anggaran tahun 2023 (download)

3. Matriks Program masuk Desa yang meliputi program dari Pemerintah Pusat, Daerah Provinsi (download), Daerah Kabupaten/Kota (download), dan pihak ke 3 (tiga) serta data penerima bantuan program tahun 2023

4. Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (download), Rencana Kerja Pemerintah Desa (download)

5. Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2023 (download)

6. Laporan Kinerja Pemerintah Desa

a. Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran 2022 (download)

b. Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir masa jabatan (download)

7. Daftar peraturan dan rancangan peraturan Pemerintah Desa (download)

8. Informasi tentang hak dan tata cara mendapatkan Informasi Publik Desa (download)

9. Laporan Keuangan Pemerintah Desa (download)

a. Laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2022

b. Laporan realisasi kegiatan tahun 2022

c. Kegiatan yang belum selesai dan/atau tidak terlaksana tahun 2022

d. Sisa anggaran tahun 2022

e. Alamat pengaduan

10. Profil Badan Publik Desa (download)

a. Alamat

b. Visi misi

c. Tugas dan Fungsi

d. Struktur organisasi

e. Profil singkat pejabat

11. Apakah Desa saudara mengumumkan informasi tentang hak dan tata cara
mendapatkan Informasi Publik Desa? (download)

12. Apakah Desa saudara menyediakan Surat perjanjian dengan pihak ketiga
berikut dokumen pendukungnya? (download)

13. Apakah Desa saudara menyediakan data aset/ inventaris Desa? (download)

14. Apakah Desa saudara menyediakan Berita acara hasil musyawarah Badan
Permusyawaratan Desa (download), Musyawarah Desa (download) dan Muyawarah Perencanaan
Pembangunan Desa? (download)

 

KOMITMEN DESA

1. Memiliki Perdes Keterbukaan Informasi Publik? (download)

2. Apakah Desa saudara memiliki anggaran khusus pelayanan informasi publik? (download)

3. Apakah Desa saudara memiliki Sistem Informasi Desa? (download)

4. Apakah Desa saudara memiliki Ruang Pelayanan Informasi? (download)

5. Apakah Desa Saudara memiliki inovasi terkait Desa saudara :

a. Inovasi yang dilakukan Desa (download)

b. Inovasi terkait Pelayanan Informasi Publik Desa (download)

6. Apakah Desa Saudara mengalokasikan Bantuan Tunai dan Non Tunai

yang dilakukan Pemerintah Desa? (download)

7. Apakah Desa Anda mengumumkan informasi pengadaan barang dan jasa? (download)

 

KELEMBAGAAN

1. Apakah Desa saudara memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan
Dokumentasi (PPID) atau tim yang menangani pelayanan informasi publik? (download)

2. Apakah Desa saudara memiliki Surat Keputusan terkait Penetapan PPID
atau Tim yang menangani pelayanan informasi publik? (download)

3. Apakah Desa saudara mengumumkan informasi melalui Media Sosial? (Facebook-1), (Facebook-2), (Instagram)

4. Apakah Desa saudara mengumumkan informasi melalui Papan Pengumuman? (download)

5. Apakah Desa saudara mengumumkan informasi melalui Forum Informal? (download)

6. Apakah Desa Saudara melibatkan Kelompok Informasi Masyarakat dalam
menetapkan kebijakan/ peraturan? (download)


INFORMASI BERKALA 2021

1. Infentarisasi Aset Desa download


MAKLUMAT PELAYANAN

1. Maklumat Pelayanan Publik download


SOP PELAYANAN PUBLIK

1. SOP Daftar Informasi Publik download

2. SOP Fasilitasi Sengketa Informasi Publik Desa download

3. SOP Pelayanan Informasi Publik Desa download

4. SOP Penanganan Keberatan Desa download

5. SOP Uji Konsekuensi Informasi Publik Desa download

6. Dokumen Uji Konsekuensi download


TATA CARA MENGAJUKAN KEBERATAN

1.Tata cara mengajukan Keberatan download

2. Formulir mengajukan Keberatan download


TATA CARA MENDAPATKAN INFORMASI

1.Tata Cara Mendapatkan Informasi download


INFORMASI BERKALA TAHUN 2023

1.Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa download

2.Laporan Realisasi Penyelenggaraan pemerintah Desa Tahun Anggaran 2022 download

3.Buku Serah Terima Jabatan Kepala Desa download

4.Alur Pelayanan Adminduk melalui PAK KADES MANTAB download


INFORMASI BERKALA TAHUN 2022

1. Inventarisasi Aset Desa Kalibareng download

2. Laporan Akhir Masa Jabatan download

3. Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2021   download

4. Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa  Tahun Anggaran 2021 download


PERATURAN KEPALA DESA 2023

1.Perkades Penjabaran APBDes TA 2023 download

2.Perkades  perubahan Penjabaran APBDes TA 2023 download

3.Perkades perubahan Penerima BLT DD download

4.Perkades Tupoksi Tim Penjaringan Penyaringan Perangkat Desa download

5.perkades perubahan ke Dua Penjabaran APBDes TA 2023 download

 


PERATURAN KEPALA DESA 2022

1.Perkades Penerima Bantuan Langsung Tunai download

3.Perkades Perubahan Penerima Bantuan Langsung Tunai download

4.Perkades Perubahan Ke Dua Penerima Bantuan Langsung Tunai download


PERATURAN DESA TAHUN 2023

1.Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (download)


PERATURAN DESA 2022

1. Perdes No. 1 Tahun 2022 Tentang Pertanggungjawaban APBdes tahun anggaran 2021 download

2. Perdes No. 2 Tahun 2022 Tentang RKP Des tahun Anggaran 2023 download

4. Perdes No. 4 Tahun 2022 Tentang Pelayanan Informasi Publik download

5. Perdes No. 5 Tahun 2022 Tentang Kerjasama Desa download

6. Perdes No. 6 Tahun 2022 Tentang APBDes Tahun Anggaran 2023 download


Informasi Serta Merta Tahun 2023

1.Pengukuhan Pokmas Pembangunan Rumah Bencana download

2.Rembuk Stunting download

3.Alur Pelayanan Adminduk melalui PAK KADES MANTAB download


Informasi Serta Merta Tahun 2022

1.Kejadian Bencana download

2.Mandat Kerjasama Bumdesma download

3.Buku Serah Terima Jabatan Kepala Desa download

 


Profil PPID

1.Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi download

 Tugas pokok PPID Desa Kalibareng adalah sebagai berikut:

  1. Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID SKPD;
  2. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberikan pelayanan informasi kepada publik;
  3. Melakukan verifikasi informasi publik;
  4. Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang di kecualikan;
  5. Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi ; dan
  6. Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk di akses oleh masyarakat.

Fungsi PPID Desa Kalibareng yaitu:

  1. Penghimpunan informasi publik dari seluruh SKPD lingkup pemerintah desa;
  2. Penataan dan penyimpanan informasi publik yang di peroleh dari seluruh SKPD lingkup pemerintah desa;
  3. Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka untuk publik;
  4. Memfasilitasi penyelesaian sengketa informasi.    

ATASAN PPID

Tugas Atasan PPID yaitu :

Melakukan pembinaan dan memberikan arahan dalam hal perencanaan informasi dilingkungan Pemerintah Desa Kalibareng;

Fungsi atasan PPID yaitu :

  1. Pembinaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik dari seluruh SKPD;
  2. Pemberian arahan kepada SKPD dalam pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi
  3. Pemberian arahan kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi;
  4. Perwakilan badan publik pemerintah daerah dalam sengketa informasi publik;
  5. Pemberian persetujuan kepada PPID Desa kalibareng atas informasi dan dokumentasi yang dapat diakses/diberikan kepada pemohon informasi;
  6. Pemberian rekomendasi kepada PPID Desa kalibareng atas hasil uji konsekuensi informasi yang dikecualikan;
  7. Penerima keberatan atas penolakan dari pemohon informasi publik;
  8. Pemberian tanggapan atas keberatan yang di ajukan oleh pemohon informasi dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya laporan keberatan secara tertulis; dan
  9. Pemberian persetujuan atas pertimbangan PPID Desa kalibareng terkait dengan setiap kebijakan yang di ambil untuk memenuhi hal setiap pemohon informasi .

 

KETUA PPID

Tugas ketua PPID yaitu :

Mengkoordinasikan perencana, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pelayanan informasi dan dokumentasi ;

Fungsi ketua PPID :

  1. Pelaksanaan koordinasi perencanaan pengelolaan informasi dan dokumentasi;
  2. Pelaksanaan koordinasi pengolaan informasi dan dokumentasi;
  3. Pelaksanaan koordinasi pelayanan informasi dan dokumentasi;
  4. Pelaksanaan koordinasi pengendalian  pengelolaan informasi dan dokumentasi.;

BIDANG PELAYANAN DAN PENGELOLAAN INFORMASI

Tugas Bidang Pelayanan dan Pengelolaan Informasi yaitu :

Memberikan pelayanan informasi publik dan mengelola informasi sesuai dengan mekanismen internal PPID.

Fungsi Bidang Pelayanan dan Pengelolaan Informasi yaitu :

  1. Menyiapkan dan membangun fasilitas layanan bidang informasi publik;
  2. Menyiapkan system pelayanan dan pengelolaan informasi publik;
  3. Penyedian informasi dalam rangka pelayanan informasi publik;
  4. Penyempaian dan pemeliharaan informasi publik.

 

BIDANG PENYELESAIAN SENGKETA INFORMASI

Tugas Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi yaitu :

Melakukan advokasi dan mewakili institusi dalam menyelesaikan sengketa informasi.                                       

Fungsi Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi yaitu :

  1. Memfasilitasi para pihak dalam upaya mengatasi dan memecahkan permasalahan informasi publik;
  2. Memotivasi para pihak dalam upaya mencari jalan terbaik menyelesaikan  permasalahan informasi publik;
  3. Mewakili institusi dalam menyelesaikan sengketa informasi;
  4. Penyusunan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan dalam rangka memenuhi permohonan informasi;
  5. Pelaksanaan verifikasi, laporan dan rekomendasi atas pengaduan atau sengketa informasi.

 

BIDANG PENGOLAHAN DATA DAN DOKUMENTASI INFORMASI

Tugas Bidang Pengolahan Data dan Dokumentasi Informasi yaitu :

Mengolah data yang akan disajikan sebagai informasi publik, melakukan klasifikasi jenis informasi dan mendokumentasikan informasi yang telah dikuasai.

Fungsi Bidang Pengolahan Data dan Dokumentasi Informasi Yaitu :

  1. Pelaksanaan perencanaan program pengolahan Informasi;
  2. Pelaksanaan perencanaan program di bidang dokumentasi informasi;
  3. Pelaksanaan konsultasi klasifikasi informasi public;
  4. Inventarisasi, pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;
  5. Menghimpun informasi publik dari seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Desa Nusa Tenggara Barat;
  6. Penataan,  penyimpanan dan pengolahan informasi publik yang diperoleh dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Desa Nusa Tenggara Barat;
  7. Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka untuk publik.

 

2. Profil Pemerintah Desa download

3. Visi Misi Pemerintah Desa download

VISI MISI

VISI

 “AAMIIN (Amanah, Akuntabel, Motivatif, Inspiratif, Inovatif dan Normatif)”.

MISI

  1. Optimalisasi unsur pemerintahan desa dan lembaga-lembaga desa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagaimana dijabarkan dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang DESA.
  2. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan memberikan ruang yang luas bagi partisipasi masyarakat dalam proses perumusan APBDesa hingga evaluasi kebijakan.
  3. Pendampingan dan dukungan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat untuk mewujudkan SDM yang berdaya saing, religius dan berbudi pekerti luhur melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, kesetaraan gender, olahraga, keagamaan, kesenian dan adat budaya.
  4. Penggalian potensi dan inovasi-inovasi berbasis potensi lokal desa dengan mengoptimalkan sumber daya di desa Kalibareng serta keterpaduan pembangunan infrastruktur.
  5. Pengembangan sumber daya dan berbagai jenis usaha yang sudah berjalan di desa Kalibareng dengan mendorong pertumbuhan, fasilitasi, dan perlindungan bagi pelaku ekonomi, industri kreatif dan UMKM.
  6. Melaksanakan segala kegiatan dengan selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dengan tetap melestarikan kearifan lokal sebagai jati diri, pencegahan terjadinya konflik sosial melalui peningkatan pemahaman kebhinekaan, peningkatan kerukunan, memperluas toleransi dan menupuk kembali semangat gotong-royong.


Daftar Informasi Publik (DIP)

1.Daftar Informasi Publik download


Daftar Informasi Dikecualikan (DIK)

1.Daftar Informasi dikecualikan download


Surat Keputusan 2022

1.SK Pejabat Penata Usahaan Keuangan download

2.SK Tim Pelaksana Kegiatan download

3.SK Padat Karya download

4.SK Pelaksana Kegiatan Banprov download

5.SK Pelaksana Kegiatan Bantuan Keuangan Khusus download

6.SK Pokmas Pembangunan Rumah Baru download

7.SK Forum Kesehatan Desa download

8.SK Standarisasi Satuan Harga Barang dan Jasa download

9.SK Pemberhentian Kepala Dusun I download

10.SK Tim Percepatan Penurunan Stunting download

11.SK Petugas Pungut Pajak dan Bangunan download

12.SK Tim Pelaksana Kegiatan Pembangunan Sarana Air Bersih download

13.SK Tim penyusun RKP Des download

14.SK Tim Verifikasi RKP Des download

15.SK Pokmas pelaksana Kegiatan Pamsimas download

16.SK Kelompok Pengelola KPSPAM download

17.SK Pelaksana Harian Kepala Dusun I download


Surat Keputusan 2023

1.SK Posyandu download

2.SK Tenaga Bantu Kadus I download

3.SK POKMAS Bansos Rumah Bencana download

4.SK Kelompok Tani Marsudi Tani download

5.SK Tim Penggerak PKK download

6.SK Pejabat Penata Usahaan Keuangan download

7.SK Tim Pelaksana Kegiatan download

8.SK Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa download

9.SK Rukun Tetangga download

10.SK Duta Generasi Berencana download

10.SK Tenaga Pengajar Pendidikan Al'quran download

11.SK Pekerja Pada Sekema Padat Karya Tunai download

12.SK Duta Genarasi Berencana download

13.SK Rumah Desa Sehat download

14.SK Tim Penyusun RPJM Des download

15.SK Guru Taman Belajar Kanak-Kanak download

16.SK LINMAS download

17.SK Kader Pembangunan Masyarakat Desa download

18.SK Petugas Pendataan Keluarga Berencana download