Kalibareng - SINAU BARENG BERSAMA TIM KECAMATAN

SINAU BARENG BERSAMA TIM KECAMATAN

   CAS MANAGEMENT SYSTEM ( CMS )

     Kegitan  yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Mei tahun 2024 bertempat di Balai Desa Kalibareng dihadiri oleh Kasipem Kecamatan Patean ( Bapak Imam Suprihanto, Pendamping Desa bapak Joko Iswantodan dan  pendamping lokal Desa bapak Rudy). Dalam hal ini Kami memberi judul SINAU bareng tentang Sistem Pengelolaan Keuangan Desa dikarenakan kegiatan ini menindak lanjuti Bimtek tentang pengelolaan keuangan desa pada bulan yang lalu. Kegiatan ini di selenggarakan pihak Kecamatan Patean untuk mereview kembali kesiapan aparatur pemerintah Desa tentang peraturan baru pengunaan keuangan Desa.

     Untuk menyingkat waktu maka Kecamatan mengagendakan Sinau bareng ini secara kolektif  contoh nya Desa kalibareng,desa Sukomangkli dan Desa Kalilumpang di jatikan satu tempat dan waktu yang sama sesuai jadwal dari kecamatan dari tiga desa ini ditempatkan di Desa Kalibareng Kecamatan Patean. didalam sestem pengelolaan keuangan desa ada beberapa personil yang akan terlibat didalamnya diantaranya Kepala Desa, Sekdes, Kasi/kaur, Kepala Dusun.

    Kegiatan ini di pandu Oleh KASIPEM Kecamatan Patean Bapak Imam Suprihanto dan sekaligus menjadi nara sumber didalam, nara sumber menyampaiakan pentingnya satu kesatuan namun berbeda tugas dan fungsi didalam pengelolaan keuangan Desa, agar didalam Transaksi Non Tuani ini bisa berjalan lancar dan sesuai dengan perundang- uandangan yang berlaku, maka diperlukan SDM ( sumber daya Manusia ) yang memadahi dan dari semua akan  terlibat : Kepala Desa, sekdes, Kasi/kaur dan Kadus. Pada intinnya  dengan sistem CMS ini memudahkan Dana Desa Dikelola Secara transparan dan akuntabilitas melalui transfer dan terima uang melalui CMS, karena terdeteksi laporan keuangan yang ada.
Mengurangi Mobilitas Perangkat Desa ke Bank Cabang untuk melakukan pencairan Dana Desa. Lanjut Nara Sumber.

    Cash Management System (CMS) adalah salah satu jenis layanan perbankan bagi Nasabah Instansi/korporasi (non perorangan) dimana Nasabah dapat melakukan pengelolaan keuangan secara mandiri secara online.

 Setelah beberapa  penyampaian secara garis besar dari Nara Sumber lalu acara di lanjutkan pratek mengoperasikan aplikasi CMS. Sunoto Kasi Pem desa Kalibareng memberi tanggapannya Kepada Tim Website desa Kalibareng dia menyampaikan berterima kasih kepada pak camata patean yang mempunyai terobosan untuk belajar bareng tentang penggunaan keuangan desa sehingga kami sebagai  kasi yang nantinnya akan terlibat didalam CMS bisa memahami.

 

 Website resmi desa Kalibareng

kalibareng.desa.id

Kameramen   : Imam Abidin

Warta           : Slamet Susilo

 


Dipost : 17 Mei 2024 | Dilihat : 663

Share :
s