Kalibareng - PELATIHAN BUDIDAYA KAMBING

PELATIHAN BUDIDAYA KAMBING

PEGIAT BUDIDAYA KAMBING DESA KALIBARENG TERANGGARKAN UNTUK PELATIHAN

Pemerintah Desa Kalibareng mengadakan pelatihan Budidaya Kambing. sasaran adalah peternak kambing yang sudah ada  namun belum menguasahi ilmu berbudidaya.

Pelatihan yang diadakan di Balai Desa Kalibareng hari Selasa tanggal 14 Maret tahun 2023 menghadirkan 4 (empat) Nara sumber terdiri dari Dinas Peternakan Kabupaten Kendal dan Tenaga Ahli dari Komunitas PERKKANAS( Perkempulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional )  ada 30 peserta yang ikut pelatihan terdiri dari para pegiat ternak Kambing  Desa Kalibareng yang di pelopori oleh para Kawula Muda dan hadir juga dari anggota PERKKANAS wilayah Selokaton disamping pelatihan berternak Kambing, juga pelatihan pembuatan Pakan dan pembuatan Pupuk Organik.

 Kepala Desa Kalibareng Bapak SUWANTO yang membuka acara menyampaikan dan memberi arahan-arahan kepada peserta pelatihan agar mengikuti acara ini sampai selesai dan juga nanti setelah mendapatkan ilmu dari  para nara sumber agar bisa di pratekan di rumah, jangan sampai ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini sia-sia, dan nanti kedepan perkembangan  budidaya akan di Monitoring dari Pemerintah Desa untuk menjadi catatan kami dan apabila perkembangan ternak dari peserta ini baik dan maju insakallah tahun depan kami adakan pelatihan lagi.

    Kegiatan ini dianggarkan dari Dana Desa bidang empat / Pemberdayaan yang disitu sekala prioritaskan dengan pengertianya adalah,

Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.
 
 Nara sumber Pelatihan Budi daya ternak Kambing adalah dari Dinas Peternakan kabupaten  Kendal ( IBU ANISA SPT. ) menyampaikan pada intinya budidaya ternak, salah satunnya harus pelaku senang dulu dan disertakan ketlatenan / keuletan, sabar dan tahan banting karena harus berproses setelah melakukan proses dengan baik baru akan mengerti hasil, yang paling penting adalah harus tahu dulu ilmunya. Biasannya Masyarakat kita itu melihat hasilnya tidak mau berproses sehingga potensi kegagalan akan lebih besar pola  ini yang harus  sedikit demi sedikit kita rubah,lanjut bu anisa.
 
Nara sumber untuk pembuatan Pakan ternak ( IMANUDIN SPPT) biliau secara rinci  menyampaikan dari bahan- bahan yang akan digunakan dan cara pembuatannya pertama-tama yang harus disiapkan adalah:
  • Alat cacah atau bisa gunakan golok dll
  • Terpal, plastik besar atau tong besar
  • Jerami atau Rumput
  • Tetesan gula pasir atau tebu
  • Suplemen probiotik, (Yang saya Praktekkan dengan menggunakan Solagri)
  • Air
  • Bekatul atau dedak

Cara Pembuatan Pakan Fermentasi  Ternak:

  • Cacah jerami atau Rumput dengan golok atau anda bisa menggunakan alat cacah, tahapan ini berfungsi agar proses fermentasi menjadi lebih mudah
  • Siapkan tempat pembuatan, bisa menggunakan terpal, plsatik besar ataupun  bisa gunakan tong besar
  • Larutkan gula pasir atau tebu dengan air ditambah dengan Solagri
  • Masukan jerami / Rumput , dedak serta bekatul pada tempat pembuatan yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Siram semua bahan yang telah tersusun rata di dalam tempat pembuatan dengan larutan gula dan Solagri yang tadi telah dilarutkan dengan air
  • Aduk semua bahan hingga merata
  • Setelah semuanya telah diaduk secara merata , selanjutnya tutup tempat pembuatan dengan terpal atau dengan apapun. pastikan menjadi kedap udara .
  • Setelah semua tertutup rapat (kedap udara) proses fermentasi sedang berjalan , sekarang tunggu 1 - 14 hari pakan fermentasi yang sudah di buat dari jerami/rumput akan segera jadi .
  • Setelah pakan fermentasi yang telah dibuat tadi sudah jadi, sekarang bisa memberikan hewan ternak pakan fermentasi tersebut , tetapi alangkah lebih baiknya pakan fermentasi itu dianginkan terlebih dahulu kurang lebih selama 15 menit setelah itu baru bisa diberikan pakan fermentasi itu pada ternak.

Pemberian pakan fermentasi sangat bagus diberikan pada Ternak pada siang atau sore hari setelah Ternak tersebut memakan makanan hijau / rumput . Ini berfungsi supaya ternak tak kaget dengan pakan fermentasi yang akan diberikan .

Ciri-ciri pakan fermentasi yang sudah jadi:

  • Ada peningkatan suhu
  • Ada perubahan warna
  • Jadi lapuk/empuk

Pada intinnya apabila peternak sudah bisa membuat pakan secara prementasi keuntungannya adalah, menghemat waktu, lebih ringan, bisa mjenyetok pakan dengan waktu yang lebih lama dan secara ilmiah dari permentasi pakan ini akan memnuhi protein yang dibutuhkan oleh hewan dan tentusaja akan lebih baik.

 salah satu peserta Pelatihan Saudara WAWAN 36 tahun menyampaikan banyak terima kasih atas perhatian Desa kepada kami dan kami akan sungguh-sunggu didalam budidaya kambing dan akan memratekan ilmu yang kami dapatkan dari para Nara sumber yang di peroleh dari pelatihan ini, sekali lagi kami atas nama peserta mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Lurah dan semua perangkat Desa Kalibareng.

Web Desa kalibareng

Foto            : Nelly

Warta          : Slamet Susilo

 

 
 

 


Dipost : 15 Maret 2023 | Dilihat : 583

Share :
s