Kalibareng - KALIBARENG RELIGI

KALIBARENG RELIGI

 WARGA DUSUN KALIBARENG DAN DUSUN KEMLOKO DESA KALIBARENG MENGADAKAN NYADRAN DI MAKAM SASONO PRALOYO DESA KALIBARENG. SEKITAR 400 KEPALA KELUARGA IKUT SERTA

    Acara yang di selenggarakan pada hari Jum'at tanggal 10 maret 2023 bertempat di makam SASONO PRALOYO Desa Kalibareng,  kegiatan rutin ini dilaksanakan  setiap 1 tahun 2 kali  tepatnya di bulan Ruwah dan  bulan suro ( Bulan Muharom) di hari Jum'at Kliwon, ada 400 kepala Keluarga yang mengikuti kegiatan ini, warga yang hadir  pertama membersihkan makam keluarga dan dilanjutkan membersihkan rumput di area makam, dilanjutkan do'a bersama atau Tahlil  dan terakhir Tasyakuran.

    Dengan diadakannya  kegiatan nyadran warga bisa saling bertemu dan bersilaturrohmi dan juga memberikan do'a secara berjama'ah kepada Leluhur, dari Bapak Ibu Eang dan ahli Kubur semuannya.

 Kegiatan ini sudah berlangsung lama dari nenek moyang sampai sekarang masih terjaga, adat dan budaya ini tetap kami lestarikan untuk menjadi Jati diri sebagai warga Desa Kalibareng ujar salah satu warga, bahkan kedepan diharapkan  kegiatan ini bisa ditingkatkan, seperti tahlil akbar jadi warga bisa secara berjama'ah mendoakan kepada para leluhur dengan penuh khitmat, berarti ada waktu kusus, dengan kata lain ada penambahan kegiatan di Makam ini, lanjutnya.

Kupat Lepet menjadi salah satu persyaratan yang dibawa warga untuk tasyakuran di ujung acara. disamping itu Kepala Desa diwajibkan membawa Tumpeng Kuning ( Bucu Rasul ) istilah warg. 

  Semoga dengan acara ini para ahli Kubur diampuni segala salah dan dosa di beri nikmat Kubur dan keluarga yang di tinggalkan mendapatkan kekuatan, sehat jasmani dan rohani dan tambah iman dan Taqwa kepada Allah tuhan yang maha Kuasa. AAMIIN

Web Desa kalibareng

 pengambil Gambar   Sunoto

  Warta                    Slamet Susilo

   


Dipost : 14 Maret 2023 | Dilihat : 435

Share :