Kalibareng - APA ITU RDS ?

APA ITU RDS ?

KEGIATAN RDS ( Rumah Desa Sehat ) DI DESA KALIBARENG

Rumah Desa Sehat atau RDS adalah  sekretariat bersama bagi para pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan Desa di bidang kesehatan, yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan.

Fungsi RDS

  1. Pusat informasi pelayanan sosial dasar di Desa khususnya bidang kesehatan.
  2. Ruang literasi kesehatan di Desa.
  3. Wahana komunikasi, informasi dan edukasi tentang kesehatan di Desa.
  4. Forum advokasi kebijakan pembangunan Desa di bidang kesehatan.
  5. Pusat pembentukan dan pengembangan kader pembangunan manusia.

     Pertemuan Rutin Rumah Desa Sehat (RDS) Desa Kalibareng Kecamatan Patean Kabupaten Kendal tiga bulan sekali, di tahun 2023 Pertemuan yang diadakan oleh Pemerintah Desa Kalibareng merupakan pertemuan yang perdana. Kepala Desa Kalibareng SUWANTO membuka sekaligus memberi arahan  kepada penggiat Kesehatan di Desa, di sampaikan oleh Kepala Desa Kalibareng para kader kesehatan  agar lebih di giatkan lagi, posyandu ditingkatkan, kalau perlu ada Inovasi. FKD ( Forum Kesehatan Desa) ayo semangat kegiatan survalen dan mawas diri dari Masyarakat di adakan lagi,  PKK, Guru TK, Masyarakat yang peduli dengan Kesehatan, Ayo bersatu semangat kita bekerja untuk Masyarakat di bidang Kesehatan agar semua Warga Masyarakat Desa Kalibareng kedepan lebih sehat, ciptakan  lingkungan yang bersih nyaman.

 Kegiatan yang dilaksanakan  pada hari Jumat tanggal 24 Februari tahun 2023 bertempat dibalai Desa kalibareng, menghadirkan 

  1. Kader posyandu
  2. Guru paud
  3. kader kesehatan;
  4. unit layanan kesehatan;
  5. unit layanan pendidikan;
  6. Kelembagaan Desa (kader PKK, Karang Taruna, LPM,dll);
  7. tokoh masyarakat; dan
  8. berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting.

Nara Sumber adalah saudara RUDI dari Pendamping Desa

Didalam penyampaianya materi, RUDI menegaskan  pentingnya Rumah Desa sehat untuk pemerintah Desa dan Masyarakat, salah satunya Penyegahan stunting, permasalahan kesehatan lainnya yang ada di desa, evaluasi  kegiatan catin dan Evaluasi Kenerja KPM dan Agenda Kerja untuk tiga bulan kedepan.

intinya bahwa adanya kegiatan RDS ( Rumah Desa Sehat ) menjadi wadah permasalahan dan Solusi kesehatan di Desa.


Dipost : 28 Februari 2023 | Dilihat : 1989

Share :