Kalibareng - NYADRAN DI LAKUKAN PENDUDUK DESA KALIBARENG

NYADRAN DI LAKUKAN PENDUDUK DESA KALIBARENG

HARI JUMAT KLIWON WARGA DESA KALIBARENG MENGADAKAN NYADRAN DI MAKAM SASONO PRALOYO.

    Sudah menjadi adat naluri warga desa Kalibareng bila datang bulan muharram/ suro yang bertepatan hari Jumat Kliwon mengadakan suatu kegiatan bersih makom atau Nyadran. yadran adalah tradisi pembersihan makam oleh masyarakat Jawa, umumnya di pedesaan. Dalam bahasa Jawa, Nyadran berasal dari kata sadran yang artiya ruwah syakban. Nyadran adalah suatu rangkaian budaya yang berupa pembersihan makam leluhur, namun di kalangan warga desa kalibareng bukan hanya bulan ruwah atau Syakban, namun juga dibulan Suro, puncak kegiatan nyadran  di Desa Kalibareng adalah selamatan namun sebelum selamatan Tokoh agama setempat memimpin do'a bersama ( TAHLILAN) dan setelah selesai dilangsungkan selamatan.

   Kegiatan yang rutin dilakukan oleh semua warga Desa Kalibareng merupakan adat  yang di lestarikan karena disamping warga untuk menghurmati para leluhur juga do'a bersama untuk para ahli kubur.

senyampang masyarakat kumpul menjadi satu pemerintah Desa Kalibareng menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pemerintahan kemasyarakatan diantarannya kaliini Kepala Desa Kalibareng Bapak Suhartoyo menyampaikan mengenahi hak dan kuajiban warga untuk ta'at membayar pajak dengan tepat waktu. Dan juga karena ini tahun Politik dan memang Desa Kalibareng akan menghadapi Pesta Domokrasi PILKADES maka dihimbau warga masyarakat Desa Kalibareng untuk menjaga Kerukunan dan persatuan dan semua warga berkuajiban menjaga ketenteraman dan dewasa didalam politik beda pilihan itu hal yang biasa namun persatuan dan kesatuan itu juwa wajib untuk di jaga lanjut Kepala desa .

kegiatan yang dilakukan hari ini jumat Kliwon tanggal 12 Agustus 2022 oleh semua warga Desa Kalibareng dari pejabat desa dan lapisan masyarakat merupakan kegiatan yang sangat di tunggu-tunggu oleh warga disamping nyadrandan do'a bersama untuk para Ahli Kubur. ada nilai tambah adalah saling bertemu antara warga dan saling menjaga kerukunan antara warga satu dengan yang lain. Dikarenakan dengan kesibukan dan tuntutan hidup biasannya warga jarang bertemu apalagi antara dusun satu dengan dusun lainnya di desa kalibareng.


Dipost : 12 Agustus 2022 | Dilihat : 611

Share :