Kalibareng - SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN DAMKAR KABUPATEN KENDAL ADAKAN SOSIALISASI PENCEGAHAN KEBAKARAN

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN DAMKAR KABUPATEN KENDAL ADAKAN SOSIALISASI PENCEGAHAN KEBAKARAN

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA & PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN KENDAL, PEMBERDAYAAN MASYARAKAN,SOSIALISASI PENCEGAHAN  DAN PENANGGULANGAN  KEBAKARAN DI DISA KALIBARENG 

Kegiatan yang dilaksanakan hari saptu tanggal 29 April tahun 2023 bertempat di Balai desa kalibareng dengan dihadiri  perangkat Desa kalibareng lembaga Desa Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama sebagai peserta sosialisasi,sejumlah 50 Orang.

       Kepala Desa kalibareng Bapak SUWANTO diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan, beliau menyampaikan bahwa parangkat Desa ,lembaga dan tokoh masyarakat Desa Kalibareng diharapkan untuk berperan aktif kepada masyarakat dari segi ketentraman, pencegahan bencana, dan jangan bosan - bosan memberikan idokasi kepada masyarakat agar kedepan masyarakat Desa kalibareng lebih partisipatif. didalam kegiatan kemasyarakatan.

Ada tiga Nara sumber yang pertama dari damkar nara sumber ke dua dan ketiga  dari Komisi A. DPRD Kabupaten Kendal, Ibu yenti Narasumber dari Damkar penyampai materi pencegahan kebakaran menyampaikan bahwa banyak faktor terjadinya kebakaran  kita harus mengenali arti SEGI TIGA API.Segitiga api adalah elemen-elemen pendukung terjadinya kebakaran dimana elemen tersebut adalah panas, bahan bakar dan oksigen. Namun dengan adanya ketiga elemen tersebut, kebakaran belum terjadi dan hanya menghasilkan pijar.

Kebakaran adalah nyala api baik kecil maupun besar pada tempat, situasi, dan waktu yang tidak diinginkan, dan umumnya bersifat merugikan dan sulit dikendalikan. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali faktor penyebab kebakaran agar dapat melakukan tindakan pencegahan.

Faktor penyebab kebakaran dipengaruhi oleh tindakan manusia atau karena pengaruh alam. Mulai dari kelalaian saat memasak atau korsleting, hingga karena petir menyambar bisa menjadi penyebab kebakaran yang sangat merugikan. lanjut bu Yenti.

Nara sumber kedua bapak Haryanto SH. DPRD dari komisi A menyampaikan sangat pentingnya penetahuan tentang pencegahan dan penanganan bencana seperti apa yang tadi disampaikan oleh Narasumber ( BU YENTI ) dari Damkar yang sudah menyampaikan dengan gamblang. Pada intinnya masyarakat harus tahu penyebah, pencegahan dan penangan apabila ada suatu bencana di wilayahnya apa lagi bila perlu Pemerintah Desa membentuk sutuan tugas atau SATGAS Bencana. lanjut bapak Haryanto.

 setelah materi sudah disampaikan sebagai penutup acara peserta dan tim dari Damkar mengadakan SIMULASI tentang penanganan  kebakaran yang baik dan benar. dengan pengetahuan ini diharapkan masyarakat bila ada suatu bencana tidak panik sehingga bisa di minimalisir.

WEB Desa kalibareng

warta     Slamet Susilo

 


Dipost : 05 Mei 2023 | Dilihat : 497

Share :