Kalibareng - DESA KALIBARENG CEGAH STUNTING

DESA KALIBARENG CEGAH STUNTING

PEMERINTAH DESA KALIBARENG SEMANGAT 45 CEGAS STUNTING

Pemerintah Desa kalibareng melalui Kader POSYANDU sosialisasi pencegahan Stunting Kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan Stunting Desa Kalibareng di laksanakan hari Saptu tanggal 19 Agustus 2023 bertempat di balai desa Kalibareng. Bidan Desa Kalibareng Yessy YudhKurangnya akses air bersih dan sanitasi,Kurangnya edukasi dan pengetahuan mengenai Gizi ibu selama a P. Menyampaikan apa itu stunting, stunting adalah Kondisi Gagal Tumbuh Anak Usia 5 tahun ( balita) Karena Kekurangan Gizi kronis Terutama Pada 1000 Hari Pertana Kehidupan ( HPK )  sehingga Anak Lebih Pendek Dari Anak Seusiannya.

Kegiatan ini kerjasama antara  Posyandu, Mahasiswa yang ber KKN di desa Kalibareng,dan Puskesmas Patean. Salah satu Mahasiswa dari UNISULA ( Universitas Islam Sultan Agung) Semarang NURBANI WIDHA R. dari Fakultas Kedokteran Sebagai nara sumber menjelaskan mengenalkan ciri-ciri anak  Stunting, anak balita pertumbuhan melambat, wajah tampak lebih muda dari usia, usia 8-10 tahun menjadi lebih pendiam, pertumbuhan gizi melambat, BB cenderung menurun, sulit fokus dan kemampuan memori buruk, tanda pubertas melambat, mudah terserang infeksi, adapun penyebab STUNTING lanjut Widha adalah secara umum Kurangnya asupan Gizi bayi selama 1000 hari Pertama kehidupan. Kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi, kurangnya Edukasi dan pengetahuan mengenai Gizi Ibu selama Kehamilan dan setelah Persalinan, terbatasnya layanan KIesehatan ( terutama pelayanan Kesehatan Ibu Hamil), kurangnya makanan bergizi dan Kondisi Lingkungan Rumah dan sekitarnya kurang bersih.

   Adapun dampak Stunting, Pertumbuhan Melambat, Prestasai  menurun, berat badan sulit nsik mslsh cenderung menurun, mudah terserang penyakit dan resiko penyakit mendatang.

Pencegahan STUNTING adalah:

1. perisa kehamilan minimal 6 kali

2. minum table Fe

3. Makan makanan bergizi.

Bayi 0-6 Bulan:

1. Inisiasi menyusui dini untuk mendapatkan kolostrum.

2. Asi eksklusif selama 6 bulan.

Bayi 6 bulan - 2 tahun:

1. Asi tetap diberikan sampai 2 tahun.

2. Berikan Makanan pendamping Asi sesuai usia anak.

Memberikan Imunisasi Lengkap dan Vitamin A

1. Datang ke Posyandu sesuai jadwal imunisasi.

2. Vitamin A untuk menjaga anak sehat.

Menanggulangi Kecacingan:

1. Jaga kebersihan lingkungan, cusi tanganpakai sabun.

2. Gunakan alas kaki

3. Konsumsi tablet anti cacing.

Gunakan Air bersih dan Jamban sehat:

1. Lingkungan bersih dan sehat

2. jarak air bersih dan jamban minimal 10 Meter.

Penyampaian Materi ini sangat di respon oleh kader Posyandu dan akan di tindak lanjuti agar angka Stunting di Desa Kalibareng menurun dan bahkan menjadi desa Bebas Stunting.

Website resmi Desa Kalibareng

Kameramen: Nelly Rela septi W,

Warta         : Slamet Susilo.

 

 

 

 

                                            

 

 


Dipost : 2023-08-21 11:06:07 | Dilihat : 651

Share :
s