Kegiatan

KUNJUNGAN DISPERMASDES DUKCAPIL PROVINSI JAWA TENGAH KE DESA KALIBARENG

KUNJUNGAN DARI DISPERMASDES DUKCAPIL PROVINSI JAWA TENGAH DI DESA KALIBARENG BERKAITAN DENGAN DESA DIGITAL

Setiap masyarakat desa pasti akan menginginkan desanya yang maju dan mempunyai informasi tentang desanya yang dapat di akses oleh internet, tapi apa dari sekian desa di indonesia sudah mampu mengakses internet. diskominfo kabupaten Kendal berupaya, agar desa desa dikabupaten Kendal bisa terjangkau internet, dan berupaya memberikan aplikasi web desa yang nantinya berguna untuk memberikan infomasi desanya ke dunia luar melalui internet. Dengan  status Desa Online dengan demikian  akan terbukanya infomasi di desa tersebut. Melalui Diskominfo Kabupaten Kendal seluruh Desa dikabupaten Kendal agar mendukung Program desa Online , Diskominfo bekerja sama dengan dispermades menyelenggarakan Lomba Desa Digital yang diselenggarakan akhir tahun 2022 dari beberapa Desa yang mengikuti lomba  tersebut satu yang diambil untuk menjadi Kategori desa digital ( Desa Online ) Desa Kalibareng Kecamatan Patean di anugrakan sebagai Kategori Desa DIGITAL atau Desa ONLINE tahun 2022 tingkat Kabupaten.Tujuannya Pemkab  mengadakan lomba desa DIGITAL adalah untuk memberi kesemangatan didalam mengembangkan desanya yang berbasis online, adanya Desa Online   desa lebih bisa memberikan informasi kepada masyarakat luas. Yang nantinya infomasi tersebut dapat di akses masyarakat melalui website SID atau sistem infomasi desa.

 Hari ini jumat tanggal 03 februari tahun 2023   Dispermasdes Dukcapil Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Desa Kalibareng terkait dengan penobatannya menjadi Desa Digital tingkat Kabupaten. Bapak DIDIK HARYADI,SH.MH. kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa bersama Tim, Dispermasdes kabupaten Kendal  dan Camat Patean, hadir di Balai Desa kalibareng monitoring kegiatan yang dilakukian Oleh Pemerintah Desa, berkaitan dengan Desa DIGITAL ( desa online) 

Bapak Didik Haryadi SH.MH. menyampaikan bahwa indikator desa DIGITAL atau desa ONLINE antara lain

1. Akses Internet memadahi

2. Fasilitas / peralatan mendukung

3. SDM ( Sumber Daya Masyarakat )

4. kemauan.

    Dari 4 (empat) indikator ini minimal desa akan bisa mudah untuk menjadi desa online atau Desa Digital, karena Kalibareng di nobatkan menjadi kategori Desa DIGITAL tentunya  sudah memenuhi Indikator tesebut dan disamping 4 indikator sebagai langkah awal tentunya mempunyai Inovasi atau pengembangan secara interen untuk memudahkan didalam pekerjaan misalkan memmiliki Aplikasi sendiri, pada intinnya  di jaman yang serba Digital kita semua di tuntut untuk kerja cepat dan kerja tepat, lalu berkaitan dengan informasi yang di sajikan oleh desa melalui WEB desa atau SID ( Sistem Informasi Desa ) harus bisa di pertanggung jawabkan, maka dari itu perlu diadakan SK untuk petugas dimasing-masing, yang mengampu itu semua, lanjutnya.

    Sekses Desa Kalibareng RAYNAWATI menjelaskan tentang apa saja yang menjadi data dukung untuk mencapai Kategori Desa Digital diantarannya :

1. Bahwa Desa Kalibareng mempunyai beberapa alat  pendukung, diantarannya Laptop ada 9, Komputer 2, Handikam 1 HP. Android 1, kanera ada 2.

2. akses Internet juga ada yang di vasilitasi dari KONMINFO Kabupaten Kendal.

3. WEB desa dan media sosial ( Facebook, IG, YUTUBE )  aktif.

4. SDM ( Sumber Daya  Manusia)

Tapi toh demikian kami berharap  pembinaan dari dinas terkait untuk Desa Kalibareng lebih baik.

Web resmi desa kalibareng

Foto : Slamet Susilo

Pembuat berita.:  Slamet Susilo

Ferivikasi : Raynawati

 

Setiap masyarakat desa pasti akan menginginkan desanya yang maju dan mempunyai informasi tentang desanya yang dapat di akses oleh internet, tapi apa dari sekian desa di indonesia sudah mampu mengakses internet. Rabu, 13 Oktokber 2019, kabupaten kebumen khususnya mengadakan pelatihan bagi desa desa yang ada di kabupaten kebumen, untuk memberikan infomasi desanya ke dunia luar melalui internet . Dengan Pelatiahan tersebut di maksudkan akan terbukanya infomasi di desa tersebut. Melalui Diskominfo di ruang jatijajar Hotel Candisari Karanganyar Kebumen, Diskominfo bekerja sama dengan dispermades menyelenggarakan pelatiahan ini, supaya desa lebih bisa memebrikan informasi kepada masyarakat luas. Yang nantinya infomasi tersebut dapat di akses masyarakat melalui website SID atau sistem infomasi desa. Menurut Narasumber dari Diskominfo, pelatihan ini di adakan agar desa yang aktif dan mampu memberikan keterbukan tentang apa yang ada di desa tersebut. nantinya sid ini bisa di lihat oleh masyarakat umum, di sampaikan pula oleh narasumber ,SID ini bisa menjadikan tolak ukur keberhasilan desa dalam membangun desa. Terkait dengan SID, dari SID ini masyarakat akan bisa tahu tentang Trasnprasi anggaran apbdes desa tersebut. jadi masyarakat akan lebih dekat dengan kepala desa serta perangkat desanya.
Sumber : https://sembirkadipaten.kec-prembun.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/70

Share :

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 20 Juli 2024 03:36
Langit Cerah
25° C 25° C
Kelembapan. 73
Angin. 3.04