Kalibareng - PENANGGULANGAN HAMA,( TIKUS ) ANGGOTA KELOMPOK TANI MARSUDI TANI DESA KALIBARENG

PENANGGULANGAN HAMA,( TIKUS ) ANGGOTA KELOMPOK TANI MARSUDI TANI DESA KALIBARENG

" GIAT " PEMBERANTASAN HAMA ( TIKUS )

POKTAN  MARSUDI TANI DESA KALIBARENG

        Dalam Rangka menanggulangi serangan hama Anggota POKTAN MARSUDI TANI

Dusun kalibareng Desa Kalibareng mengadakan GROPYOK TIKUS  kegiatan gotong royong yang di adakan oleh penggurus POKTAN Marsudi  Tani. Hari selasa Tanggal 02 Nepember dan hari saptu tanggal 06 Nopember 2021 pukul 16,00 Wib sampai selesai, dengan dihadiri oleh 50 Orang Anggota . dengan media memakai jagung yang sudah di kecambahkan lalu di kasih racun.

     Teselenggarannya Kegiatan ini dikarenakan adannya serengan Hama Tikus yang oleh petani dirasakan sangat merugikan Para Petani yang tanamannya keserang hama apalagi dimusim tanam seperti ini, lahan Pertanian yang sudah di tanami benih  dirusak dengan cara digali dan kecambagnnya di makan oleh Hama Tikus sehingga petani sampai 2 kali tanam benih dua kali juga di rusak sehingga parara petani yang di koordinir oleh penggurus Poktan mengadakan pemburuan Hama dengan cara memakai racun.

   Dengan pengendalian hama   memakai Racun, diharapkan akan menekan populasi dan membasmi Hama yang menyerang tanaman para petani kegiatan yang dibiayai oleh  Swadaya Masyarakat dan uang Kas POKTAN sebagai wujut keperdulian para petani dalam berbudidaya dan membangun  kebersamaaan dan menghidupkan lagi gotong royong masyarakat yang semakin berkurang.

    Sebelum kegiatan ini dimulai Ketua Poktan Marsudi tani ( SLAMET SUSILO ) menyampaikan betapa pentingnya kekompakan didalam kehidupan bermasyarakat, dan kekompakan didalam berbudidaya ( Tanam Serempak ) saling bahu membahu didalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. salahsatunnya  untuk menjaga tingkat kesuburan tanah dengan mengunakan pupuk seimbang, mengurangi Herbisida, yang tidak kalah pentingnya adalah membersihkan Gulma disekitar lahan yang dijadikan sarang Hama dan menjaga kelancaran saluran pertanian

   tingkat keberhasilan sangat  tinggi alhasil Hama yang menyerang lahan pertanian  berkurang dan mulai hari ini para petani sudah memulai berbudidaya. tetapi pengendalian hama oleh petani selalu dilakukan dengan cara pribadi pribadi

 

*

*


Dipost : 08 November 2021 | Dilihat : 716

Share :