Potensi

PPL DAN MANTRI TANI KECAMATAN PATEAN KUNJUNGI LAHAN CABAI DI POKTAN MARSUDI TANI DESA KALIBARENG

BUDIDAYA CABAI  BANTUAN DARI DINAS PERTANIAN KABUPATEN  KENDAL.

Kunjungan PPL kecamatan Patean sekaligus Monitoring budidaya Cabai Bantuan Dari Dinas Pertanian Kabupaten kendal .

Merupakan komitmen Poktan Marsudi Tani  Desa Kalibareng Kecamatan Patean kabupaten Kendal.selaku penerima bantuan bibit cabai Teropong /TW dari Dinas pertanian kab. Kendal.

Petani cabai di Poktan Marsudi Tani tergolong sedikit maju karena hasilnya di atas komuditas lain .namun tidak semua petani mau berbudidaya dikarenakan butuh perawatan yang super extra apalagi di musim penghujan.namun demikian komuditas cabai di Poktan Marsudi Tani meningkat / lahan cabai lebih luas dan petani juga sudah banyak yg berbudidaya. Sebagai contoh sebelum tahun 2019 komuditas cabai di poktan Marsudi Tani  hanya mencapai 1,5 Ha. Di tahun ini sudah mencapai 2, 5 Ha.

Namun lagi lagi petani mengeluh karena harga cabai TW / teropong hanya Rp.7000 / kg. Ini juga belum tahu apakah pasar masih akan turun apa tidak kata MUH ZAENURI / petani .

Komuditas lain di Poktan Marsudi Tani Desa Kalibareng adalah Bawang merah, Padi, jagung, dan ada juga sayur mayur.

 yang sering di alami  adalah  penyakit Patek , trip, busuk daun, dan masih banyak lainnya, Kata SUGIARTO selaku PPL kecamatan Patean yg betkunjung di lahan . Maka pengamatan hama dan penyakit adalah menjadi keajiban dan rutin dilakukan untuk identifikasi Awal.lanjudnya.

Terima kasih kepada Dinas Pertanian Kendal, Mantri Tani & PPL  kecamatan Patean. Yang telah memberikan bantuan dan bibit dan pendampingan selama ini. 

 

 

  

 

*

Share :

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 20 Juli 2024 04:13
Langit Cerah
24° C 24° C
Kelembapan. 73
Angin. 3.04