Potensi

BERBUDIDAYA MELON

TIM SMK NEGERI 6 KENDAL SURVAI  LADANG MELON DI KELOMPOK TANI MARSUDI TANI DESA KALIBARENG KECAMATAN PATEAN KENDAL.

merupakan tanggung jawab bersama antara petani dan mitra SMK.N 6 Kendal  untuk mewujudkan kemitraan yang baik dan saling menguntungkan.

Dengan semboyan  SMK.MBANGUN DESO.( SMK membangun desa) Tim yang di ketuai oleh IBU YUNI ( panggilan akrapnya) rela  blusukan kelahan melon  milik petani guna memberikan kesemangatan ( MOTIVASI )sekaligus monitoring perkembangan budidaya Melon ( poktan Marsudi Tani )Desa Kalibareng. Monitoring dilakukan setiap dua kali dalam satu minggu diantaraannya dari tim SMK 6 Negeri Kendal dan tim dari FERTINDO yang di ketuai saudara MONICA.

 Selangkah lebih maju Kelompok Tani Marsudi Tani Desa Kalibareng, berbudi daya MELON   mengunakan  Green house.  Green house adalah sebuah bangunan yang dibentuk untuk menghindari dan merawat tanaman terhadap berbagai macam cuaca.Pengertian greenhouse menurut salah satu pakar diartikan sebagai suatu struktur bangunan dimana tanaman dapat tumbuh dan berkembang di bawah lingkungan dan kondisi artifisal (terkendali) yang berkaitan dengan suhu, kelembaban, intensitas cahaya, photo period, ventilasi, media tanah, pengendalian hama dan penyakit, irigasi, fertigasi dan praktek-praktek agronomi lainnya. Dibandingkan teknologi konvesional, tanaman yang dibudidayakan di lahan atau area terbuka relatif mudah terganggu dengan perubahan iklim yang bersifat mendadak sehingga berdampak pada stress tanaman yang mengakibatkan pada penurunan jumlah dan kualitas hasil panen. Berkat Kerjasama ( sestem Kemitraan ) antara Kelompok Tani Marsudi Tani Desa Kalibareng dengan CV. FERTINDO semarang yang dijembatani oleh SMK N 6 kendal, dengan kesemangatan petani dan keinginan yang kuat para petani melon berupaya untuk meningkatkan ekonime dengan cara budidaya tanaman yang berkualitas.

tujuh petani  yang bermitra merupakan petani binaan POKTAN MARSUDI TANI desa Kalibareng. dan masih banyak petani yang berminat untuk bergabung dan bermitra.

data komoditas  Kemitraan :PEPAYA EXSOTIC

                                         MELON DIAMOND

                                         SEMANGKA .

PETANI SUKSES ADALAH PATANI YANG MAU BERINOVASI. SEMOGA BAROKAH aamiin.

 

*

*

Share :

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 20 Juli 2024 05:00
Langit Cerah
25° C 25° C
Kelembapan. 74
Angin. 3.36