Kalibareng - DESA KALIBARENG BENTUK SATGAS ( SATUAN TUGAS ) BENCANA

DESA KALIBARENG BENTUK SATGAS ( SATUAN TUGAS ) BENCANA

 

 

PEMERINTAH DESA KALIBARENG MEMBENTUK SATUAN TUGAS ( SATGAS ) BENCANA, DIHADIRI DARI BPBD KABUPATEN KENDAL

 

 Melalui pelatihan Penanggulangan bencana yang diadakan dari BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana daerah )Kabupaten Kendal,  para Linmas dan sejumlah Tokoh Masyarakat Desa Kalibareng Kecamatan Patean Kabupaten Kendal hadir mengikuti pelatihan  dan bersedia menjadi Relawan satuan Tugas ( satgas bencana ) Desa Kalibareng. Satuan Gugus Tugas ( Satgas) kebencanaan Desa Kalibareng  Kecamatan Patean Kabupaten kendal,pembentukan Satgas  karena  Desa Kalibareng  kategori  Daerah Rawan Bencana. Kegiatan yang diselenggarakan di Balai desa Kalibareng hari Senin tanggal 27 Maret tahun 2023 sejumlah Linmas dan Wqarga peduli Bencana di hadirkan dengan jumlah 40 peserta.


Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Masyarakat  untuk mampu memberikan bimbingan kepada masyarakat agar terbiasa dan siaga jika terjadi bencana.

Sehingga dengan kesiap-siagaan serta keterampilan yang dimilikinya, masyarakat mampu mengatasi serta mengantisipasi apabila terjadi bencana. Selain itu, mampu melakukan upaya-upaya agar bencana yang terjadi bisa dicari penyebab dan solusinya.

salah satu tim dari BPBD Kabupaten Kendal ( Bapak OCE ) sebagai Nara Sumber menyampaikan tupoksi Satgas bencana Harapan kami, dengan terbentuknya satgas di tingkat desa, masyarakat tidak perlu panik karena ada relawan yang kami bentuk, yakni satgas di masing-masing desa bencana. Satgas ini merupakan kepanjangan tangan pemkab di wilayah Desa . lanjut pak Oce

Satgas ini punya tugas yang turun pertama kali saat membantu penanganan dan penyelamatan pertama korban saat bencana datang. Selain itu, mereka juga menjadi jembatan dalam melaporkan kejadian ke pemerintah. Sehingga pemerintah tinggal menginventarisir dan menindak-lanjuti terkait hal-hal apa yang diperlukan dalam hal penanganan dan meminimalisir korban.

Kini Desa kalibareng sudah mempunyai Struktur Organisasi SATGAS bencana tingkat Desa dengan susunan sebagai beriku:

Selamat untuk Nama- Nama yang sudah dipercaya semoga didalam mengemban tugas selalu di beri kesehatan dan berkahan Aamiin.

Web Desa kalibareng

Foto      Sunoto

Warta     Slamet Susilo

Verifikasi    Raynawati

 


Dipost : 30 Maret 2023 | Dilihat : 1072

Share :