Kalibareng - PETUGAS PENGENDALI ORGANISME PENGANGGU TUMBUHAN (P-POPT) DATANGKAN UNTUK MENANGANI HAMA SUNDEP

PETUGAS PENGENDALI ORGANISME PENGANGGU TUMBUHAN (P-POPT) DATANGKAN UNTUK MENANGANI HAMA SUNDEP

KELOMPOK TANI MARSUDI TANI DESA KALIBARENG BEKERJA SAMA DENGAN PETUGAS PENGENDALIAN ORGANISME PENGANGGU TUMBUHAN UNTUK ATASI SERANGAN HAMA SUNDEP ( PENGEREK BATANG )

            Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan atau yang lebih dikenal dengan sebutan POPT merupakan petugas yang memiliki tugas dan tanggung jawab terkait perlindungan tanaman pangan di wilayah kerjanya.

          Kegiatan yang diselenggarakan Hari Jumat tanggal 30 Desember tahun 2022 bertempat di lokasi persawahan  Desa Kalibareng,  sekitar 22 petani ikut hadir didalam   kegiatan ini, sebelum pengendalian hama dan penyakit perlu adannya sosialisasi yang dilakukan oleh petugas P- POPT wilayah ex Kawedanan Selokaton ( RISKI ) tentang sebab dan akibat adannya penyakit ulat pengerek batang ( sundep) dan cara mengatasinnya.

       

  Petugas POPT menyampaikan bahwa penyakit Sundep adalah penyakit yang biasah menyerang tanaman padi yang disebabkan oleh  (larfa) yang bekerja menyerang batang padi dari batang bawah, maka dari itu untuk mengantisipasi   hama ini Petani harus waspada, perlu diadakan pengamatan mulai dari  pesemaian, dikarenakan munculnya hama sundep adalah bisa jadi dari pesemaian padi yang sudah terjangkit larfa. Untuk pengendalian serangan ini pertama petani harus selektif didalam memilih Pestisida sistemik atau kontak, lanjut Riski.

      Pestisida Sistemik adalah racon yang cara kerjannya masuk kedealam pori-pori tanaman sehingga apabila hama ini memakan tanaman akan mati, beda dengan Pestisida Kontak cara kerja pestisida kontak adalah  langsung, dikandung maksut bila hama penyakit  langsung terkena racun Pestisida kontak hama penyakit bisa langsung  mati. 

  Kepala Desa kalibareng SUWANTO ikut memonitoring kegiatan yang di adakan Kelompok Tani marsudi Tani Desa Kalibareng. Didalam sambutannya Kepala desa menyampaikan bahwa petani Kalibareng harus selalu giat didalam budidaya tanaman Pangan apabila ada kendala yang disebabkan oleh hama penyakit bisa disampaikan lewat kelompok Tani supaya bisa di tindaklanjuti ke pihak yang lebih atas. Ditambahkan dari Koordinator PPL Kecamatan Patean Bapak H. Syamsudin lebih saling bantu membantu saling bersatu bersama untuk menyejahterakan Petani contohnya Insfrastruktur yang menunjang budidaya ini juga sangat penting. 

salah satu petani menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak terkait ( Dinas Pertanian ) yang telah membantu mengadakan sosialisasi juga memberi bantuan berupa Insektisida kepada kami semoga  apa yang diberikan kepada kami ber bermanfaa dan menjadikan panen kami melimpah.                                                                                                


Dipost : 30 Desember 2022 | Dilihat : 905

Share :