Kalibareng - KEARIFAN LOKAL MASIH TERJAGA DI ERA TEHNOLOGI

KEARIFAN LOKAL MASIH TERJAGA DI ERA TEHNOLOGI

¹1KALIBARENG.DESA.ID

Kearifan lokal di Desa Kalibareng masih terjaga sampai sekarang.

Sudah banyak kearifan lokal yang sekarang sudah terkikis oleh kemajuan jaman di mana kecangihan alat dan media sosial yang semakin kesini semakin maju.tanpa kita sadari  Adat  dan budaya asli yang lahir dari nenek moyang kita akan hilang di telan jaman.namun tidak  bagi masyarakat Desa Kalibareng yang masih melestarikan kearifan lokalnya diantarannya masih adannya kerja bakti membersihkan berem jalan, nyadran, susuk wangan atau membersihkan saluran irigasi,  genduri atau selamatan, dan masih banyak lagi kearifan lokal yang masih di lakukan oleh masyarakat dan pemerintah Desa Kalibareng. Walaupun kita akui antusias masyarakat sudah sedikit terkikis oleh  yaman.

   Perubahan perilaku masyarakat yang semakin sibuk dengan urusan diri sendiri tanpa memikirkan dampak sosial dan dampak lingkungan, ini kadang masyarakat itu sendiri yang lambat laun meningalkan jati diri sebagai orang pedesaan dan orang timur yang terkenal dengan  sikap Ramah Tamah, sopan santun, dan peduli terhadap sesama.

 Maka dari itu sudah saatnya kita semua menengok kembali kearifan lokal yang ada dan menjaga melaksanakan tanpa harus tertinggal oleh kemajuan yaman. Yang di kandung maksud  kearifan lokal , adat budaya yang sudah turun temurun kita lestarikan , tanpa harus menghalangi kita semua untuk maju, Dan berkarya  dan berprestasi .

Saya yakin ilmu pengetahuan, pendidikan yang tinggi , SDM / sumberdaya Masyarakat yang memadahi, kalau di landasi dengan kepribadian  yang baik  dan menjunjung tinggi kearifan yang diwariskan oleh para leluhur kita, akan melahirkan generasi muda yang tangguh dan penuh dengan tanggung jawab.

*

*

*


Dipost : 18 November 2020 | Dilihat : 953

Share :

s