Kalibareng - KONDISI TERKINI EMBUNG SUBARI DESA KALIBARENG

KONDISI TERKINI EMBUNG SUBARI DESA KALIBARENG

EMBUNG SUBARI DITENGAH KEMARAU PANJANG

     Keberadaan embung SUBARI mulai dirasakan oleh sebagian Petani di desa kalibareng kecamatan patean kabupaten kendal, tahun pertama ( 2023) ini dengan adanya kemarau panjang embung subari masih bisa beraktifitas Masuk  dan keluar Air masih saling bersenergi sehingga sampai saat ini Embung SUBARI  tidak kekeringan. Bahkan sudah dirasakan Manfaatnya oleh sebagian petani. berkurangnya debit air yang di Embung karena digunakan untuk mengairi lahan Pertanian, supaya semua petani bisa merasakan manfaatnya di musim kemarau ini para Petani mengunakannya dengan cara bergilir.

Kini dengan adannya EMBUNG SUBARI petani sekitar merasakan manfaatnya,

      Kenapa tidak, dikarenakan lahan sekitar Embung yang tadinnya hanya bisa di tanami dua musim tanam adannya Embung Subari  lahan pertanian disekitarnya mulai bisa tiga kali musim tanam, petani sudah merasakan manfaatnya.

    Salah Satu Petani yang ada di sekitar Embung SUBARI ( A. Karim)  42 tahun menyampaikan Kepada Tim WEB Desa Kalibareng, bahwa dengan adanya embung Subari ini kami Petani disekitar embung sudah tidak Kuatir lagi ujar beliau, karena dimusim Kemarau pun kami masih bisa bercocok tanam dan yang sebelum ada Embung lahan kami adalah lahan tadah Hujan kini istilah itu sudah tidak ada lagi, karena kami bisa memanam tanaman di lahan kami sepanjang tahun. Contohnya pada tahun ini terjadi kemarau panjang kami pateani disekitar embung masih bisa menanam dan panen.

         Harapan dari Kami Petani sekitar  embung Subari pada kususnya dan Petani Desa Kalibareng pada umumnya Embung SUBARI  harus bisa berfungsi sebagai mana mestinya dan harapan kepada Pemerintah, kami petani mengusulkan Jalan menuju Embung  Subari agar bisa di bangun, karena siapa tahu embung Subari menjadi Wisata dan kami petani akan lebih SEJAHTERA karena biaya panen akan lebih diminimalisir.

   Disamping Kegunaan Embung untuk Solusi kekeringan, Kelompok Tani Marsudi Tani Desa Kalibareng berbudi daya Ikan didalamnya yang tujuannya setelah Ikan ini berkembang sebagian akan di tabur di sungai dan Irigasi-irigasi yang ada agar tidak punah.

WEB DESA KALIBARENG

Kameramen : Dwik Setiyo S.

Warta           :Slamet Susilo

 

 


Dipost : 25 September 2023 | Dilihat : 1757

Share :

s