Kalibareng - RUAS JALAN MERTO KEMBAR WILAYAH DUSUN MARON DESA TAMBAHREJO TIDAK BISA DI LALUI

RUAS JALAN MERTO KEMBAR WILAYAH DUSUN MARON DESA TAMBAHREJO TIDAK BISA DI LALUI

WARGA TERISOLASI DAMPAK TEBING LONGSOR MENUTUP  RUAS JALAN. SOJOMERTO KALIBARENG.

 Pukul 18.30 WIB ( saptu petang )  tebing di Ruas Jalan MERTO KEMBAR wilayah Tambahrejo Kecamatan Pageruyung,  tepatnya  10 meter sebelum masuk Desa Kalibareng Kecamatan Patean. 

Kronologi kejadian, pada hari saptu tanggal 04 Februari tahun 3023 terjadi hujan  lebat dari siang hingga malam hari, sehingga mengakibatkan tebing longsor, material longsor berupa Batu, tanah dan pepohonan Material longsor menutup jalan sehingga tidak bisa di lalui oleh warga baik pejalan kaki maupun kendaraan. atas kejadian ini Pemerintah Desa Kalibareng langsung berkoordinasi kepada babisa dan babinkamtibmas yang bertugas di Desa Kalibareng sebagai wilayah kerjanya.(Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan PEMBINAAN TERITORIAL (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan).

 

Babinsa, babinkamtibmas  desa Kalibareng bergegas tinjau lokasi longsor pukul 20.30. WIB. setelah melihat dan mengamati kondisi tempat kejadian lalu memberi arahan kepada  kepala Desa Kalibareng  agar jalan di tutup demi keselamatan. Material longsor tidak segera di bersihkan karena kondisi gelap dan masih berpotensi longsor susulan, saran dari petugas juga disepakati dari  beberapa pihak dan  sepakat pembersihan material longsor akan di lakukan pagi harinnya minggu tanggal 05 Februari tahun 2023 di mulai pukul 06 pagi.

Langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kalibareng dan Pemerintah  Desa Tambahrejo menghimbau kepada Masyarakat untuk tidak melintas di area longsor karena berbahaya, dan  pemerintah  Desa Kalibareng mengajak warganya untuk kerja bakti membersihkan  material longsor supaya bisa di lewati minimal  kendaraan roda dua ( MOTOR) yang akan dilaksanakan ppaginya mulai pukul 06 WIB.

 Ppemerintah Desa Kalibareng juga melaporkan melalui Surat tertulis dengan NOMOR 460/47/Klb.P kepada Camat patean, BPBD Kendal dan Juga Dinas PUPR Kabupaten Kendal. Melaporkan kepihak yang berwenang.

 Hari minggu tanggal 05 Februari pukul 06 pagi para warga mulai kerja bakti membersihkan material longsor dengan alat seadannya, alhasil pukul 08 pagi jalan sudah bisa di lalui oleh warga baik  pejalan kaki maupun  kendaraan roda dua. Tidak ada korban jiwa didalam kejadian ini namun akibat longor banyak warga Desa Kalibareng yang tidak bisa pulang dan harus bermalam di salah satu tempat ibadah di Dusun Maron Desa Tambahrejo.

Sisa material yang tidak bisa di bersihkan, dari pemerintah Desa Kalibareng berkoordinasi dengan PUPR Kendal untuk minta bantuan alat berat guna membersihkan material yang masih menutup sebagian jalan.Dikarenakan banyaknya material longsor dan juga terdapat beberapa batu besar yang tidak bisa di bersihkan secara  manual.

 Kepala desa kalibareng SUWANTO  membuat surat yang di tujukan kepada Kepala Dinas PUPR  Kabupaten Kendal  perihal permohonan  alat berat untuk melakukan pembersihan material longsor 

Alkhasil permohonan bantuan alat berat di respon baik dari dinas PUPR kendal sekitar pukul 14 WIB alat berat tiba di TKP.

 TERIMAKASIH KEPADA SEMUA YANG TELAH MEMBANTU PEMBERSIHAN MATERIAL LONGSOR .

web resmi desa Kalibareng

Pengambil gambar . SLAMET SUSILO

pembuat berita .Slamet Susilo

 


Dipost : 05 Februari 2023 | Dilihat : 402

Share :

s