Potensi

PENGARUH INTERNET TERHADAP KEMAJUAN DESA KALIBARENG

PENGARUH INTERNET TERHADAP KEMAJUAN DESA

Penggunaan internet bagi masyarakat perkotaan sudah dianggap bagian dari kebutuhan, namun bagi masyarakat pedesaan, internet masih merupakan media informasi dan komunikasi yang hanya sebagian kalangan pemuda yang tertarik untuk memanfaatkannya. Efisiensi penggunaan internet bagi masyarakat pedesaan dinilai berdasarkan sejauh mana si pengguna dapat memanfaatkan waktu dan kondisi dalam mengakses informasi secara sehat.

Kehadiran internet merubah banyak aspek kehidupan manusia saat ini. Salah satunya masyarakat pedesaan yang sulit medapatkan informasi, dengan adanya internet, informasi dapat di akses tanpa batas oleh siapapun dan dimana pun. Tak ada yang membantah betapa kehadiran internet mengubah  pola kehidupan manusia baik positif maupun negatif. Pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 82 juta orang.

Internet sendiri merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Menurut Littejhon (2008;684) Media sosial merupakan teknologi interaktif dan jaringan komunikasi khususnya internet yang dapat merubah masyarakat. Dengan adanya internet ini perkembangan serta kemajuan desa sangat dirasakan oleh msyarakat. Dari mulai web resmi desa hingga kabar kabar umum yang terjadi di masyarakat. Berikut beberapa contoh kemanjuan desa :

  1. Dalam bidang ekonomi
  • Berjualan dengan mudah secara online

Saat ini di desa Kalibareng sudah banyak penggunaan internet dengan baik. Salah satu pemanfaatannya yaitu dengan memberikan informasi atau promosi secara online.  melakukan jual beli secara onine, ini sangatlah praktis masyarakat tidak perlu pergi keluar untuk membeli tinggal memesan lewat online, hanya menggunakan internet semua akan tersampaikan. Contohnya yaitu penjualan grill ( Asisoris Mobil) dan usaha catering.

Catering makanan – Ibu. Sutiah  

Penjualan ini masih menggunakan toko biasa dengan artian  fisik. Tetapi selain itu, ibu Sutiah yang bertempat tinggal di Kalibareng rt 1/rw 1 ini menggunakan internet untuk promosinya. Jadi usaha ini belum sepenuhnya menggunakan internet, karena pembayaran dan pengiriman pun masih secara manual atau dikirim langsung.

Penjualan grill - ( Asisoris Mobil ) Anang Khuzaeni

Berbeda dengan system usaha ibu Sutiah saudara  Anang Khuzaini 25 tahun, sudah sepenuhnya menggunakan system online. Usaha ini sudah berdiri sejak beberapa tahun yang lalu. Pembuatan grill berada dirumah denga memperkejakan  beberapa karyawan. Penjualan ini menggunakan aplikasi shoope, sehingga ia mempunyai toko online, pembelian pun online dengan system bembayaran menggunakan atm atau kartu kredit. Penggunaan aplikasi online ini praktis karena penjual dan pembeli tidak harus menyewa tempat untuk usahanya, hanya perlu aplikasi serta kartu kredit.

  1. Dalam bidang Pemerintahan
  • Mempermudah masyarakat mendapatkan akses pelayanan public

Dengan adanya internet ini masyarakat Desa Kalibareng  dengan mudah mendapatkan informasi ,adapun  manfaat yg lain diantaranya adalah:

  • Memudahkan system admisnistrasi
  • Menghemat biaya operasional
  • Membantu mempromosikan potensi desa
  • Memudahkan sosialisasi kepada, masyarakat untuk menyampaikan hasil kinerja pemerintah Desa
  • Mempermudah masyarakat mendapatkan akses pelayanan public 
    • Memudahkan system admisnistrasi

    Sejak penggunaan internet di desa Kalibareng ini meluas, penggunaan system informasi juga mudah. Penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara otomatis, menggunakan internet. Penyimpanannya pun permanent dalam bentuk file serta pengambilan informasi kembali dapat diakses dengan mudah.

    • Menghemat biaya operasional

    Penyimpanan informasi dalam bentuk file merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya operasional.

  •  

    • Membantu mempromosikan potensi desa

    Potensi desa merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat di desa yang bermanfaat untuk kelangsungan kemajuan desa. Potensi fisik desa Kalibareng diantaranya tanah yang subur dan mampu ditanam sesuai dengan musim tanam, serta air jernih yang melimpah. Sedangkan potensi non fisiknya yaitu, masyarakat desa kalibareng sangat sportif dalam membentuk lingkungan yang aman dan nyaman dengan mengadakan gotong royong serta beberapa kegiatan Bersama demi mendekatkan pribadi satu sama lain.

    • Memudahkan sosialisasi kepada ,masyarakat untuk menyampaikan hasil kerja pemerintah

    Untuk penyampaian hasil kerja pemerintah ini desa Kalibareng tentunya sudah mempunyai web resmi desa yang bisa diakses oleh masyarakat. Jika penyampaian ini dilakukan secara langsung dengan seluruh masyarakat maka akan terkendala pada jadwal kegiatan masing masing pribadi msyarakat. Dengan adanya web ini maka masyarakat dapat melihat hasil kerja  pemerintah Desa,masyarakat dengan mudah mengakses kapan pun dan dimanapun.

  1. Dalam bidang social  :                                                                                                                                                                                                                                                                        Berkomunikasi secara mudah dimanapun dan kapanpun

    Untuk masyarakat yang mempunyai kendala suatu hal, atau tidak paham dengan suatu permasalahan dapat langsung dikomunikasikan dengan pihak yang bersangkutan. Jika tidak jamnya bekerja dalam kantor maka perlu menghubungi pribadi atau datang ke kediaman.

  • Berkomunikasi secara mudah dimanapun dan kapanpun.
  1. Dalam bidang Kebudayaan
  • Memperkenalkan budaya negara sendiri kepada seluruh dunia
  • Melihat pameran kebudayaan dengan mudah
  • Bisa mengetahui budaya dari semua negara di dunia.

Sistem informasi Desa

kalibareng.desa.id

foto : Slamet Susilo

Narasi : Dinda Uswatunisa

 

 

 

 

 

 

Share :

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 20 Juli 2024 04:50
Langit Cerah
25° C 25° C
Kelembapan. 74
Angin. 3.36